Sabtu, 29 Agustus 2015

Penerapan Metode Pembelajaran Power Teaching

 
Tulisan kali ini akan membahas tentang metode pembelajaran Power Teaching yang kami coba pada murid-murid di SDN 7 Paya Bakong, Aceh Utara.
Power Teaching lebih bersifat praktikal: langsung mengarah pada alur serta cara penyampaian materi di kelas. Metode ini sangat memfasilitasi cara belajar kinestetik. Dengan menggunakan tubuh sebagai peraga, energi berlebih pada siswa yang sangat aktif dapat disalurkan untuk keperluan belajar.
1. Class-Yes - Teknik ini digunakan pada saat kita ingin menarik perhatian seluruh kelas dengan cepat. Guru berseru memanggil seluruh kelas: “Claaassss….” dan murid harus langsung menjawab seruan guru dengan menjawab serempak: “Yeeessss…”.
2. Teach-Okay (brain activator) - Penelitian menunjukkan bahwa siswa paling banyak belajar ketika mereka mengajar. Dalam metode ini, guru bisa mencoba berbicara dengan padat dan singkat kemudian meminta siswa untuk mengulangi apa yang telah guru ucapkan kepada teman sebangkunya dengan menggunakan gestur-gestur yang kreatif (guru bisa memperagakan gestur-gesturnya terlebih dahulu).
3. Comprehension Check - Sempat saya mengetes mereka beberapa hari setelah proses pembelajaran dan hasilnya cukup memuaskan saya. Cukup banyak anak yang masih mengingat apa yang telah kami pelajari. Kalaupun lupa, saya tinggal melakukan gestur penanda terhadap apa yang mereka lupakan, dan mereka pun akan langsung teringat.
Cahaya Ramadhani, Pengajar Muda angkatan V Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh. Metode belajar kreatif Pembelajaran Power Teaching dapat disimak di belajar.indonesiamengajar.org/…/penerapan-metode-pembelaja…/.
Temukan metode sederhana dan kreatif lainnya di belajar.indonesiamengajar.org.
[23:53 24/08/2015] Pena Sejuk Samudera Biru: Komentar - https://m.facebook.com/story.php…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar