Jumat, 07 Agustus 2015

Mata Tiba-tiba Bengkak, Ternyata Jadi Sarang Cacing

Bismillaah...


Dokter berhasil mengangkat cacing sepanjang 12 sentimeter. Semula, penyakit itu dianggap misterius karena pemeriksaan menunjukkan tak bisa menemukan penyebab pembengkakan.
Dream - Dokter di Rumah Sakit Aster, Dubai, Uni Emirat Arab, beberapa waktu lalu menangani kasus langka. Mereka melakukan operasi untuk mengangkat cacing yang bersarang di kelopak mata seorang perempuan.
Semula, kelopak mata pasien bernama Vineeta itu tba-tiba membengkak. Perempuan berusia 55 tahun ini sudah mendatangi beberapa klinik berbeda dan menjalani berbagai tes. Namun pemeriksaan-pemeriksaan itu tak menunjukkan gejala aneh. Penyakit itu dianggap misterius.
Penyakit itu baru diketahui penyebabnya setelah Vineeta memeriksakan diri ke RS Aster. Dokter Vikram Mohindra yang menangani kasus ini mengatakan Vineeta mengalami infeksi parasit, disebut Dirofilarisasis, yang disebabkan gigitan nyamuk.
Setelah dianogsa itu, tim dokter di bawah pimpinan Mohondra melakukan operasi. Mereka berhasil mengangkat cacing filaria sepanjang 12 sentimeter dari kelopak mata Vineeta. Beruntung penyakit ini ditangani saat masih fase dini. Sehingga tak butuh waktu lama untuk penyembuhannya.
Menurut Mohindra, kasus ini merupakan contoh bagus, di mana pasien sangat peduli dengan kesehatan. Pasien segera memeriksakan diri apabila terjadi kondisi tidak normal pada tubuhnya.
“Ini bisa menyelamatkan jiwa,” kata Mohindra, dikutip Dream dari Emirates 24l7, Rabu 5 Agustus 2015.
Sementara, Vineeta mengatakan, sangat penting mempercayai insting. Terus mencari pendapat dari orang-orang yang berkompeten. “Hidupku kembali normal sekarang dan saya bisa melihat tanpa halangan atau ketidaknyamanan.”
Menurut Jurnal of Parasitic Deseas, sejak 1885 telah ada 800 laporan kasus Dirofilariasis. Bagaimana pun juga telah ada kesadaran dari masyarakat untuk gejala penyakit ini. Wallaahu a'lam
Mata Tiba-tiba Bengkak, Ternyata Jadi Sarang Cacing | Dream.co.id -http://m.dream.co.id/…/mata-tiba-tiba-bengkak-ternyata-jadi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar