Rabu, 15 Juli 2015

MAKNA DIBALIK SUATU KESEMPATAN

Bismillaah
Dalam kehidupan kita selalu berlomba untuk dapat menghadapi persaingan-persaingan hidup yang semakin keras. Tidak mudah untuk mendapatkan sesuatu tanpa melalui perjuangan yang tidak ringan. 
Wallaahu a'lam

Dalam kehidupan yang dijalani setiap manusia pasti mempunyai kesempatan untuk dengan mudah dapat mencapai suatu tujuan yg diinginkan. Namun, apakah sebenarnya arti Kesempatan? Yang kita tau bahwa kesempatan itu peluang karena kita dapat mengambil atau bahkan mengabaikannya tapi, kesempatan itu juga waktu mengapa waktu? karena ia tidak datang dua kali. Sangat sepele memang tapi kadangkala apabila kita mengabaikan suatu kesempatan biasanya menyesal kemudian, maka semua kesempatan membutuhkan keputusan (keputusan yang bijak tentunya) karena keputusan menentukan nasib. Jadi suatu kesempatan tergantung oleh bagaimana manusia mengambil keputusan.
Disebutkan dalam buku "Setengah isi Setengah Kosong" bahwa ada 3 tipe manusia melihat datangnya sebuah kesempatan, yaitu: 1. Orang yang lemah, menunggu kesempatan. 
2. Orang yang kuat, menciptakan kesempatan. 
3. Orang yang bijak, memanfaatkan kesempatan. Bagi orang yang lemah, bila kesempatan belum datang dia akan menunggu dan menunggu dengan sabar sampai kesempatan itu datang.

Dan apabila sekian lama ditunggu kesempatan itu belum juga datang, maka dia akan mengambil keputusan…. yach, ini memang sudah nasibku. (putus asa) Sementara bagi orang yang kuat, bila kesempatan belum datang dia akan menggunakan berbagai macam cara dan rekadaya, dengan segenap kreatifitas, koneksitas, dan segenap kemampuannya untuk menciptakan kesempatan itu ada/datang padanya.
Orang tipe seperti ini mempunyai prinsip kesempatan tidak datang begitu saja, tetapi kesempatan harus dicari atau diciptakan. Dan bagi orang cerdik, dia akan memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya, karena dia menyadari bahwa kesempatan adalah karunia yang sangat berharga dan belum tentu kesempatan itu akan datang untuk kedua kali. Pada Kenyataannya memang pada kondisi tertentu, munculnya kesempatan itu mungkin butuh pematangan waktu. Kita perlu menunggu sesaat, tetapi bukan dengan sikap yang pasif. Sebaliknya, kita menunggu kesempatan itu dengan sikap waspada, proaktif dan penuh kesiapan.
Tanpa kesempatan yang tersedia, tidak mungkin kita bisa sukses. Oleh karena itu bila kesempatan belum datang, kita harus berusaha menciptakannya, bahkan di dalam kesulitan pun, jika kita mempunyai keuletan untuk berusaha terus menerus, suatu hari, kesempatan itu InsyaAllah akan datang.
Sumber : kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar