Sabtu, 05 September 2015

Teleskop Baru Ini Bisa Melihat Bermilyar Galaksi Tahun 2020 teleskop harus sudah mulai beroperasi.


Rancangan teleskop (SLAC via nat-geo.ru)
Departemen Energi Amerika Serikat telah membuat keputusan akhir. Mereka akan membuat kamera 3.2 gigapixel untuk teleskop wide-angle Large Synoptic Survey Telescope (LSST). Sesuai dengan kesepakatan mereka, rancangan teleskop tersebut harus sudah selesai dibangun pada tahun 2020. Teleskop itu akan dibangun di Chili Utara, di puncak El P?non di Gunung Gray-Pachon yang berketinggian 2,682 meter di atas permukaan laut.

Teleskop itu membutuhkan 1,500 layar dengan resolusi Full HD untuk bisa menampilkan sebuah gambar. LSST akan mendapatkan gambar lengkap dari seluruh hemisfer bagian selatan setiap tiga hari berkat pandangan wide angle yang belum pernah ada di sebelumnya.
Setiap frame kamera memiliki lengkung 3,5 derajat, yang tujuh kali lebih dari diameter bulan atau matahari yang dapat kita lihat. Berkat sensor besar yang dimiliki, teleskop tersebut setiap tahun juga akan menerima lebih dari 6 terabyte informasi yang akan disimpan di database khusus.
Kamera unik yang memiliki tinggi 1,65 meter dan lebar 3 meter tersebut memiliki sebuah sensor dengan panjang diagonal 64 centimeter. Para ilmuwan yakin bahwa dalam penggunaan LSST selama 10 tahun, mereka akan bisa mendapat gambaran lebih dari 10 miliar galaksi.
Wallaahu A'lam
(sumber: nat-geo.ru)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar