Sabtu, 05 September 2015

'Like' di Facebook Bisa Ungkap Kepribadian


Jakarta - Facebook punya begitu banyak data mengenai Anda, pengguna layanannya. Mulai dari orang-orang yang paling sering terhubung dengan Anda, berapa lama Anda menghabiskan waktu di Facebook, sampai apapun yang anda katakan di jejaring sosial tersebut.
'Like' di Facebook saja misalnya, menyimpan banyak hal tentang Anda. University of Cambridge's Psychometrics Centre di Inggris, memanfaatkan ini dengan membangun tool khusus yang bisa mengungkap kepribadian seseorang dari hal-hal apa saja yang disukai di Facebook.
'Apply Magic Sauce', demikian nama tool tersebut, menggunakan database 'like' Facebook untuk memperkirakan gender, kepintaran, tingkat kepuasan hidup, preferensi seksual, politik dan agama, serta status hubungan dan tingkat pendidikan.
Tool ini juga mengelompokkan Anda dalam lima sifat personal dasar yang meliputi openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness dan neuroticism. Kelimanya akan memberikan informasi apakah Anda meledak-ledak atau terorganisir, konservatif atau liberal dan lain-lain.
Memang, seperti dilansir Telegraph, Jumat (4/9/2015), ini adalah tool dari para peneliti, bukan Facebook sendiri. Namun setidaknya tool yang bisa diakses di alamat applymagicsauce.com/you.html ini memberikan gambaran bahwa jejaring sosial dibangun berdasarkan aktivitas Anda.
Dalam kenyataannya, 'like' hanya salah satu jendela informasi yang dimiliki Facebook tentang Anda. Dari 'like' saja, Facebook sudah memiliki detail informasi mengenai gender, aktivitas status hubungan anda, dan lain-lain.
Penasaran? Anda bisa menjajal tool ini. Saat mengaksesnya, Anda akan diminta log in melalui Facebook. Situs tersebut mengklaim bahwa mereka hanya mengumpulkan informasi berdasarkan 'like' di Facebook Anda dan tidak akan menyimpan informasi apapun ketika pengguna menyelesaikan tes. wallaahu a'lam
dri berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar